Belajar Dasar HTML #1

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa markah/penanda yang digunakan untuk membuat sebuah web yang kemudian dapat di akses melalui browser untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser. Kali ini, saya akan mengajarkan kalian tentang HTML di mulai dari dasarnya.

Untuk belajar HTML kita perlu belajar terlebih dahulu tentang tag – tag yang ada di HTML. Biasanya, di HTML terdapat tag pembuka dan tag penutup. Namun, ada juga beberapa tag yang tidak membutuhkan tag penutup. Kali ini saya akan memulai pelajaran kali ini dengan mencoba beberapa tag seperti tag <html></html>,<head></head>,<body></body>,<p></p>,<br>,<h1></h1>,<h2></h2>,<h3></h3>, dan seterusnya. Untuk pelajaran kali ini saya menggunakan notepad++.

Sebelumnya juga kalian harus mengetahui bagaimana cara menyimpan file HTML yang benar. Saya akan tunjukkan cara menyimpan File HTML yang benar

Cara Menyimpan File HTML

1. Klik file, lalu klik save

2. Setelah itu masukkan nama file lalu jangan lupa save dengan format html. Contohnya belajar.html. Lalu klik save

Dengan cara ini, file yang kita simpan akan terbaca sebagai sebuah program html dan dapat kita jalankan di browser kita. Satu lagi, kalian juga harus tau bagaimana untuk menjalankan web yang telah kita buat secara off line. Caranya adalah sebagai berikut

Cara Menjalankan Website Secara Offline

1. Save terlebih dahulu file kalian. Jika sudah maka klik run dan pilih browser yang akan kita gunakan untuk running website kalian.

2. Jika sudah browser akan terbuka dan menjalankan website yang kita buat tanpa harus ada koneksi internet

Setelah ini kita melanjutkan dengan pengenalan tag <head> dan <body>

Pengenalan dan Contoh Penggunaan Tag <head> & <body>

Sebelum kita menggunakan 2 tag ini, kita harus tahu bahwa kedua tag ini harus berada di dalam tag <html> seperti yang saya contohkan di bawah ini.

Tag <head></head>

Bentuk dasar dari tag head adalah <head></head>. Di dalam tag ini kita dapat menampilkan informasi seputar website kita, contohnya judul website. Di dalam tag ini kita akan menggunakan tag lagi yaitu tag <title></title>.  Seperti yang saya contohkan di bawah ini

Maka setelah kita jalankan hasil yang akan keluar adalah seperti ini

Seperti yang kita lihat judul dari tab yang website kita adalah “Belajar HTML” persis seperti yang kita buat di worksheet kita tadi.

Tag <body></body>

Apabila di tag head memuat informasi tentang website kita dan apa yang kita masukkan tidak akan muncul ke dalam viewport atau kanvas putih di browser. Maka body akan memuat segala isi browser kita kedalam viewport tersebut. Di pelajaran kali ini, kita akan mencoba memasukan tag heading <h1></h1> dan juga tag paragraph <p></p> ke dalam tag body yang kita buat.

\

Maka hasil di browser akan nampak seperti ini

Seperti yang kalian lihat diatas, h1 akan tampil dengan ukuran font yang paling besar maka h1 dapat kita jadikan sebagai judul utama isi dari web kita dan untuk <h2>,<h3>,… akan semakin mengecil sampai pada <h5> kemudian untuk menulis isi dari paragraf kita dapat menggunakan tag <p>;

Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat :v

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s