Workshop Algoritma Pemrograman #1

Algoritma adalah sebuah metode efektif yang di susun dalam suatu rangkaian yang urut. Algoritma di pemrograman digunakan sebagai suatu cara seorang programmer untuk meniliti dan menganalis suatu masalah dan mencari solusi pemecahan dari masalah tersebut. Sebagai seorang programmer kita di tuntut untuk menjadi seorang problem solver.

Untuk membantu seorang programmer menganalisi program yang dibuatnya , seorang programmer dapat menggunakan flow chart untuk membantu mereka melihat proses yang terjadi dan kemudian menganalisa.

Dalam hal ini, saya menggunakan sebuah aplikasi untuk membantu saya menganalis program yang telah saya buat. Aplikasi yang saya gunakan adalah raptor. Dengan aplikasi ini, program yang sudah saya rancang ke dalam flow chart dapat saya  generate ke dalam bahasa c++.

Langsung saja, saya akan memperlihatkan beberapa program yang saya buat.

Program menampilkan biodata diri

Algoritmanya :

  1. Menyimpan Masukkan
  2. Memnampilkan Keluaran biodata

2017-03-06-1

Kemudian saya generate ke dalam c++.

2017-03-06-2

Menampilkan Tanggal Lahir

Algoritma :

  1. Program meminta masukkan tanggal, bulan, dan tahun
  2. Program menampilkan tanggal, bulan, dan tahun

tanggal-lahir-2

bentuk flowchartnya akan seperti ini.

tanggal-lahir-1

jangan lupa untuk memperhatikan kotak kecil yang ada di bagian pojok bawah karena hal inilah yang akan membantu kita untuk menganalisi program yang kita buat.

tanggal-lahir-3

setelah itu saya generate kedalam c++

tanggal lahir 4

namun, ketika saya running terjadi error.tanggal lahir 5

hal ini disebabkan tipe data dari variabel yang belum saya tentukan dan juga ada operator yang tidak valid.

tanggal lahir 6tanggal lahir 7

setelah saya perbaiki syntax diatas, barulah program ini dapat berjalan sebagaimana mestinya.

tanggal lahir 8

Membuat Huruf I Dengan Lebar 3 Karakter Dan Tinggi 6 Karakter

Algoritma :

  1. Memasukkan nilai i adalah 0
  2. Memasukkan nilai j adalah 0
  3. Program mengecek kondisi i
  4. Program mengecek kondisi j
  5. Program mencetak “*” ketika kondisi j belum terpenuhi
  6. Menambahkan j+1
  7. Ketika j terpenuhi program menambahkan i+1 lalu mencetak spasi
  8. Proses di ulang hingga kondisi i terpenuhi
  9. Proses i selesai

2017-03-07 (1)

 

kemudian langsung saja saya generate ke dalam c++.

2017-03-07 (2)

Sama seperti kasus dari program sebelumnya, terjadi error ketika di running karena tipe data yang belum di tentukan.Kemudian kita perbaiki syntax yang error dan output yang harusnya muncul adalah seperti ini.

huru I

Menghitung Luas Dan Keliling Lingkaran Serta Volume Dari Bola

Algoritma :

  1. Mendeklarasikan nilai phi 3.14
  2. Meminta masukkan jari – jari lingkaran
  3. Menghitung luas lingkaran
  4. Menampilkan hasil perhitungan luas lingkaran
  5. Meminta masukan jari – jari lingkaran lagi
  6. Menghitung keliling lingkaran
  7. Menampilkan hasil perhitungan keliling lingkaran
  8. Meminta masukan jari – jari bola
  9. Menghitung volume bola
  10. Menampilkan hasil perhitungan dari volume bola

lingkaran

Setelah itu saya generate ke c++.

2017-03-07 (5).png

terjadi error yang sama seperti program saya yang kedua lalu saya lakukan beberapa perbaikan seperti tadi dan outputnya akan terlihat seperti ini2017-03-07 (6).png

 

itulah beberapa program yang saya buat. Untuk melihat beberapa contoh program dari workshop algoritma pemrograman yang lainnya anda dapat melihatnya di

http://cicakkeseleo.blogspot.com

http://asepkurni06.blogspot.com

 

Leave a Reply

